KP!! Bergerak Merakyat!!

KP!! Bergerak Merakyat!!
Itulah jargon yang dalam beberapa saat terakhir ini sering kuteriakkan. Yup, aku tergabung dalam staff muda Kementerian Kebijakan Publik Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya.

Menurutku inilah yang termasuk kementrian di BEM FH UB yang tergolong berjadwal kegiatan padat bila dibanding dengan kementrian-kementrian lain.



Unjuk rasa merupakan salah satu agenda yang dilakukan oleh KP sebagai salah wujud aksi. Gambar di atas adalah ketika unjuk rasa pertamaku di sepanjang hidupku. Dulu mungkin aku berpikiran kalau tidak bakal mau turun ke jalan teriak-teriak, buat apa coba, cuma habisin suara. Tapi kali ini mau gak mau harus turun. Tetapi inilah salah satu alasanku kenapa mau turun bahkan menjadi orator, di samping aku sendiri ingin sedikit merasakan pengalaman ini...

Memang terjadi konflik antar pendapat yang beredar akhir-akhir ini tentang isu yang memanas di kalangan KPK dan POLRI. Beberapa hari yang lalu BEM sendiri telah menyuarakan "Save KPK" yang mana sedikit menggelitik hati saya untuk menyuarakan pendapat saya di rapat perdana KP setelah dilantik sebagai staff muda. "Mengapa kita harus melemahkan salah satu fungsi aparatur negara, toh kita bertujuan baik satu, yaitu membunuh penyakit masyarakat, korupsi". Yang kita 'save' seharusnya keduanya dengan memberikan solusi untuk menguatkan kedua instansi tersebut dengan memfungsikan mereka sesuai porsi dan kedudukannya masing-masing. Sudah sepatutnya budaya kita untuk 'saling menjatuhkan' dihilangkan.

Pro kontra itupun semakin kuat disuarakan di teman-teman KP dan mahasiswa dari berbagai forum di luar. Sampai-sampai muncul Forum Mahasiswa Baru Menggugat yang bersikukuh menyuarakan "SAVE KPK". Tetapi dengan wacana dan opini dari teman-teman yang cukup menguatkan, BEM FH UB turn over ke arah suara "SAVE KPK & POLRI" . Tetapi tenang, aksi kami damai kok.. Kamu inteltualitas harus cerdas dan berpikir 2 kali..

Awalnya sticker dukungan tuk "SAVE KPK, lalu diganti "SAVE KPK&POLRI"



Ini juga salah satu agenda kami dari kementerian Kebijakan Publik, yaitu bedah film. Refreshing banget acara yang dikemas santai tetapi serius ini. Film yang dikupas pun beragam jenisnya dari setiap agenda, tetapi semuanya melatih kami sebagai mahasiswa untuk selalu kritis dan berpikir cepat menanggapi sesuatu.

Ke depan agenda terakhir kami sebelum tutup buku dan pergantian jabatan ke tahun 2013 adalah KP Mengajar. Mungkin sasaran kami adalah lebih ke teman-teman teenagers usia SMA untuk dibina tentang pendidikan tentang narkoba dan sex education.. Okay, let us see, what's gonna happen.. Stay keeping track on this blog guys.. :D

Comments

Popular posts from this blog

Jayeng Kusuma Kridha

Istilah jawanya,"TITENANA!!!"

"Thank you": The Secret to Our Success!