Pancasila Sebagai Pandangan Hidup dan Ideologi Bangsa


·         Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa adalah suatu cara bagaimana kita bisa melihat bahwa pancasila adalah sebagai tujuan akhir dari bangsa kita. Jadi kita harus berorientasikan kepada pancasila ketika melihat ke depan dan dalam berpandangan hidup.


·         Pancasila sebagai Ideologi Bangsa

Ibarat sebuah kendaraan, ideologi pancasila diposisika sebagai hal untuk mengontrol berbagai macam ideology yang berkembang di kehidupan global ini.
Secara aktif, ideologi pancasila inilah yang menjadi tameng atau bingkai yang membatasi agar tidak keluarnya ideologi bangsa dari ideologi pancasila.


·         Tantangan Pancasila dalam Menghadapi Ideologi Liberal dan Ideologi Radikal di Dunia

Perkembangan zamanlah yang bisa mempengaruhi dengan mudah masuknya berbagai ideologi terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia. Tetapi melalui posisi pancasila yang sebagai pandangan hidup dan ideology bangsa ini diharap seluruh masyarakat Indonesia dapat memposisikan pancasila di tengah dan di dasar mereka dalam mempelajari perkembangan dunia tersebut. Mereka boleh mempelajari seluas-luasnya mengenai perkembangan ideology di dunia, dan pancasila lah yang harus menjadi penjembat di antara hal-hal yang mereka pelajari. Menurut Pak Anas, ibarat gerbong-gerbong ideology, pancasilalah yang dijadikan sebagai pengait antar gerbong yang mana diharapkan dapat mengaitkan antar gerbong tetapi tidak merusak kinerja ataupun fungsi dari gerbong-gerbong itu.

Comments

Popular posts from this blog

Jayeng Kusuma Kridha

Istilah jawanya,"TITENANA!!!"

"Thank you": The Secret to Our Success!