Musang FKPH 2013

Menjadi salah satu Presidium sidang pada Musyawarah Anggota Tahunan Forum Kajian dan Penelitian Hukum Fakultas Hukum Brawijaya 2013.
Dari kiri: Radhingga, Rifky, Yati

Teknisnya kami adalah sebagai pemimpin sidang yang menertibkan sidang, memberi keputusan melalui pengetukan palu sidang, serta mengatur segala jalannya sidang.

Ya memang sebuah pembelajaran baru, melihat belum ada sama sekali pengalaman untuk mengikuti sidang seumur-umur. Jadi beberapa istilah interupsi seperti information, order, previlege, justification, atau clarification sering kali aku screwed up dalam menanggapinya. Tetapi apa salahnya sih untuk belajar, ya nggak? Makanya dengan dukungan melalui pengambilan suara dari forum yang terbilang wow untuk mempercayakan jabatan itu kepadaku, dengan semangat, penuh percaya diri, dan Bismillah,.. ya aku maju dengan jas almamter kebanggan Kampus Biru Universitas Brawijaya.

Selama 2 hari kemarin banyak sekali hal yang baru, sebagai Presidum 2 yang beberapa kali menggantikan Presidium 1 memang sangat berkesan banget buatku khususnya. Mungkin saking terkesannya sampai-sampai aku menanyakan di awal sidang,"Apakah forum sudah forum?". Lalu semua orang teriak ketawa. Ya, ternyata pernyataan yang benar itu,"Apakah forum sudah quorum?" Ya maklumlah lagi belajar.

Pengetukan palupun bukan hal sembarangan, meski beberapa kali mendapat teguran gara-gara kebanyakan ketukan (emang ngetok pintu). Tapi namanya juga belajar, sekali lagi maklumlah ya kakak-kakak. Hehe..

Gak gampang lo guys tuk jadi seorang presidum tuh. Perlu keahlian khusus dan sifat khusus, ciyee.. Just kidding, yang jelas ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, contohnya tanggung jawab, dapat dipercaya, tegas, cepat mengambil keputusan, dan tentunya mampu mengkondisikan ruang sidang. Bagaimana tidak, karena luaran yang kita hasilkan dari rapat pleno musyawarah anggota adalah berupa AD/ART yang akan menjadi patokan dasar berdasarkan sistem regulasi selama kepemimpinan 1 tahun mendatang, mendengarkan Laporan Pertanggungjawaban kepemimpinan 1tahun yang lalu (Mbak Airin) dan juga memilih siapa yang akan menjadi FKPH 1.

And I reflect and hope that next year there will be better presidiums than us.. Well, just make it tight,.. Soalnya besok masih harus lanjutin UAS dan semoga berhasil. AMIIIN..


Selamat untuk Mas Agung Honesta atas terpilihnya sebagai Direktur Forum Kajian dan Penelitian Hukum Fakultas Hukum Universitas Brawijaya 2013

Comments

  1. ketemu blog dhingga ternyata ada tentang aku hahaha :)

    pengalaman yang luar biasa euy jadi presidium dan mpunya ini blog keren banget pas jadi presidium *just info

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jayeng Kusuma Kridha

Istilah jawanya,"TITENANA!!!"

"Thank you": The Secret to Our Success!